<body><script type="text/javascript"> function setAttributeOnload(object, attribute, val) { if(window.addEventListener) { window.addEventListener('load', function(){ object[attribute] = val; }, false); } else { window.attachEvent('onload', function(){ object[attribute] = val; }); } } </script> <div id="navbar-iframe-container"></div> <script type="text/javascript" src="https://apis.google.com/js/platform.js"></script> <script type="text/javascript"> gapi.load("gapi.iframes:gapi.iframes.style.bubble", function() { if (gapi.iframes && gapi.iframes.getContext) { gapi.iframes.getContext().openChild({ url: 'https://www.blogger.com/navbar.g?targetBlogID\x3d2922794623366848067\x26blogName\x3dSekom\x26publishMode\x3dPUBLISH_MODE_BLOGSPOT\x26navbarType\x3dBLUE\x26layoutType\x3dCLASSIC\x26searchRoot\x3dhttps://sek-kom.blogspot.com/search\x26blogLocale\x3den\x26v\x3d2\x26homepageUrl\x3dhttp://sek-kom.blogspot.com/\x26vt\x3d3106323739176115504', where: document.getElementById("navbar-iframe-container"), id: "navbar-iframe" }); } }); </script>

Saturday, August 22, 2009

♥ Kejahatan Komputer Semakin Meluas

Kemajuan teknologi pada jaman sekarang berkembang sangat pesat. Hal ini sudah menjadi hal yang sangat wajar, karena permintaan masyarakat d bidang tekhnologi juga semakin banyak. Hal ini dapat kita lihat pada kehidupan sehari- hari. Misalnya saja d bidang teknologi komunikasi, jika kita lihat sekitar 7 tahun yang lalu, telepon genggam atau yang lebih sering di sebut handphone hanya dimiliki oleh orang- orang yang tingkat ekonominya menengah ke atas. Selain biaya pemakaian teleponnya yang mahal, harganya handphone-nya sendiri sangat mahal pada saat itu. Tapi coba kita bandingkan dengan pengguna handphone di kalangan masyarakat jaman sekarang. Apakah hanya orang- orang bertingkat ekonomi menengah ke atas saja yang memilikanya? Jawabannya adalah tidak, bukan hanya orang yang tingkat ekonominya menengah ke atas saja yang memilikinya, banyak orang- orang yang ekonominya menengah ke bawah juga yang memilikinya, bahkan dapat kita lihat bukan hanya orang dewasa saja yang menggunakan handphone, tetapi anak- anak kecil juga sudah mulai banyak yang membawa handphone d tangannya.
Tanpa kita sadari bahwa dunia tekhnologi sudah berhasil menjelma menjadi kebutuhan primer dalam hidup kita. Mungkin tidak ada orang di dunia ini yang terlepas dari teknologi, karena jika orang- orang tersebut tidak mampu beradaptasi dengen teknologi yang ada, maka dapat di pastikan bahwa orang tersebut akan kalah bersaing dengan orang- orang lain pada umumnya.

Teknologi komunikasi berhubungan erat dengan teknologi informasi, teknologi tersebut sangat membantu dalam kehidupan manusia. Dengan teknologi ini, orang- orang tidak perlu susah lagi untuk mencari sebuah informasi ataupun berhubungan dengan orang lain yang jaraknya berjauhan. Dapat dibilang bahwa tekhnologi saat ini sudah mampu meniadakan ruang dan waktu dalam berkomunikasi, misalnya saja ada orang yang tinggal di suatu daerah yang ingin berkomunikasi dengan orang yang jaraknya beribu-ribu kilometer. Orang tersebut tidak perlu melakukan perjalanan yang jauh untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain yang dimaksud. Dengan bantuan teknologi ini, mereka dapat berkomunikasi tanpa harus bertemu dahulu. Hal lain yang berkembang sangat cepat adalah di dunia komputer, komputer saat ini sudah jauh lebih canggih dengan komputer di tahun- tahun sebelumnya. Sekarang kita dapat menikmati fitur- fitur yang sangat memudahkan kita.
Tapi semakin canggih teknologi yang ada, maka semakin banyaklah celah yang dapat dimanfaatkan untuk melakukan kejahatan. Banyak orang yang menyalahgunakan komputer untuk hal- hal yang berbahaya, yaitu dengan memanfaatkan koneksi internet yang saat ini sudah ramai digunakan.

Dengan koneksi internet saat ini, semua informasi dapat dengan mudah didapatkan. Banyak pihak juga yang memanfaatkan jaringan internet ini untuk saling tukat informasi dan berhubungan. Hal inilah yang seringkali dimanfaatkan oleh orang- orang untuk melakukan kejahatan komputer di internet, atau yang lebih dikenal dengan Cyber Crime. Kasus pertama yang berhasil diungkap adalah penggunaan kartu kredit oleh pihak yang semestinya tidak memiliki haknya untuk bertransaksi di internet.

Setiap tindak kejahatan, atau tindak pidana pasti perlu ada hukum yang perlu diterapkan. Contohnya di Amerika Serikat, negara ini sudah membentuk Computer Fraud and Abuse Act 1986 yang berisi peraturan- peraturan tentang kriminalitas komputer yang di dalamnya membahas tindakan-tindakan seperti akses data ke komputer lembaga keuangan, pemerintah atau dengan negara lain dalam urusan komersial yang tidak sah. Denda yang ditetapkan berkisar $250.000 atau dua kali nilai data yang dicuri dan pelanggar akan mendapat hukuman 1 sampai 5 tahun.

Berikut adalah beberapa kutipan dari beberapa ahli mengenai kejahatan komputer atau penyalahgunaan komputer , antara lain :

" …. any illegal act requiring knowledge of computer technology for its perpretation, investigation, or prosecution. It has two main categories. First, computer as a tool of crime, such as found, an theaf property… Second, computer is the object of crime such sabotage, theaf or alteration data,…."

Organization of European Community Development (OECD) , menyatakan :

" Any illegal, unethicall or unauthorized behavior relating to the authomatic processing and/or the transmission of data"

National Police Agency (NPA), menyatakan :

"Computer crime is crime toward computer ".

Seorang ahli dari Jerman, Sieber mengklasifikasikan kejahatan komputer dengan

a. fraud by computer manipulation
b. computer espionage and software theft
c. computer sabotage
d. theft or service
e. unauthorized access to data processing system
f. traditional business offences assited by data processing


Metode kejatan komputer pun bermacam-macam, ada yang berupa penipuan data, sniffing, trojan horse, social engineering dan lain-lain.


Trojan horse,yang sering disebut virus ini bekerja dengan menempatkan kode program secara tersembunyi pada suatu program komputer. Metode ini biasanya digunakan untuk menyabotase sistem seseorang. Trojan horse yang cukup terkenal pada sistem macintosh adalah sexy lady. Program ini akan menampilkan gambar- gambar tidak senonoh pada layar komputer anda. Sekilas orang- orang awam akan menganggapnya tidak berbahaya. Tetapi,sebenarnya program tersebut telah berhasil merusak data pada komputer.

Mungkin tulisan ini cukup untuk saat ini, mengingat halaman ini diperuntukan untuk memenuhi tugas salah satu mata kuliah yang deadline sudah sangat dekat. Penulis berharap agar tulisan ini berguna dan dapat dilanjutkan kembali di kesempatan berikutnya.

I AM GRUMPY.
8:16 PM


♥ theGrumpyToast ;



      theGrumpyToast is very grumpy. Beware, this toast bites.

      INFO (:
      INFO (:
      INFO (:
      INFO (:
      INFO (:
      INFO (:
      INFO (:
      INFO (:

♥ TagBoard



    The toast said TAG. NOT spam.

♥ Past rawr-ing